15 Tips Cerdas Cara Mengelola Instagram untuk Bisnis 2020

Mengelola Instagram Bisnsi

Karena masih banyak yang kurang tahu bagaimana mengelola Instagram untuk bisnis, di tahun 2019-2020 ini banyak pemilik bisnis yang menginginkan menggunakan Instagram untuk meningkatkan pemasaran usaha mereka dengan Instagram.

Benar sekali bahwa Instagram adalah platform digital marketing yang sedang naik daun atau banyak digunakan dan disukai, sehingga menjadi tempat potensial untuk marketing atau pemasaran.

Sayangnya banyak pebisnis yang hanya berpikir instan dengan menggunakan jasa pengelola Instagram mereka langsung mendapatkan hasil yang di inginkan.

Ada banyak hal yang perlu diluruskan ketika anda ingin membangun akun Instagram bisnis yang akan masuk dalam 12 tips cerdar mengelola Instagram antara lain:


1. Menyadari Kesalahan Orang Awam Menggunakan Instagram untuk Bisnis


Berikut ini kesalahan fatal yang harus anda sadari:
Memposting produk jualan di awal menggunakan akun
Memamerkan kelebihan produk/jasa di postingan terlalu berlebihan
Tidak membangun interaksi dengan followers
Tidak tahu segmentasi masrket
Tidak tahu apa konten yang disukai market Anda

5 Kesalahan fatal yang paling sering dilakukan para pengelola akun instagram anda. Disini kami akan berbagi tips gratis untuk anda


2. Fokuslah Membuat Konten yang Disukai


Silahkan anda tanya pada diri sendiri jika disuguhi postingan promosi yang begitu lebai, apakah anda akan memberikan like? saya kira malah membuat malas melihat, apalagi memberikan like

Orang suka dengan manfaat, kebaikan, pemberian, dan inspirasi. Buatlah konten sesuai dengan market anda, bagikan manfaat, givaway, atau sesuatu yang menginspirasi mereka.


3. Buat Konten yang Bisa Menarik Interaksi


Abaikan gambar yang menarik, tetapi buat konten yang bisa menarik mereka untuk like, komen, dm, save dan share. Ini adalah engagement yang sangat penting bagi Algoritma Instagram.

Instagram sekarang menyukai Content Creator, bukan Fotografer !

Semakin tinggi engagement akun IG anda, maka semakin tinggi Instagram akan memprioritaskan kemunculan di feed followers dan Ig explore.

Pernah lihat postingan giveaway dengan endorse dari para artis? gambarnya sangat biasa saja, namun isinya menarik followres untuk interaksi memenangkan hadiah.

Itu adalah cara mengelola Instagram untuk bisnis yang berupaya bisa meningkatkan engagement dengan cara giveaway.


4. Bertemanlah dengan Algoritma Instagram


Kasus giveaway yang begitu massiv dari para pemilik akun IG online shop karena akun tersebut mulai tersendat akibat algoritma.

Akun mereka semakin hari semakin kecil engagement, maka semakin kecil dimunculkan di feed para followersnya, bahkan hanya dimunculkan 1-10% dari total followers mereka.

Kenapa bisa begitu:

Followers sudah mulai bosan dengan melihat postingan jualan produk, mereka ingin sesuatu yang lebih bernilai.

Maksud saya bukan harus giveaway, justru fenomena giveaway yang menyaratkan follow, komen, dan like adalah upaya mereka bersahabat dengan algoritma Instagram untuk menaikkan engagement/interaksi.


5. Posting dengan Meminta Like


Sesekali buatlah postingan yang bagus dan mintalah like ke followres Anda, jika postingan anda bersahabat dna cocok, saya yakin like akan lebih banyak.

Like salah satu indikasi bahwa postingan anda disukai oleh folowers, setidaknya 1-5% like dari total jumlah followers.

Dari 5 kali posting di feed, buat satu kali konten yang meminta like, jangan setiap posting meminta like karena followers anda lama-lama akan malas.


6. Caption yang Mengajak Interaksi Komentar


Bahkan gambar anda tidak terlalu penting jika anda bisa mengajak interaksi. Semakin sering followers berkomentar maka semakin tinggi kemungkinan kemunculan postingan anda di feed mereka.

Misalkan dengan caption pertanyaan:
Apa masalahmu dengan ini?
Apa pendapatmu tentang ini?
Setuju atau tidak?
dsb

Jawab satu persatu dengan komentar yang memancing komentar lagi, seperti alasannya apa? kok bisa seperti itu ya? bagaiaman kamu ? dsb

Jadilah akrab dengan followres yang sudah berkomentar.


7. Rekrut ADMIN !


Untuk bisa meningkatkan engagement anda harus punya admin IG yang super aktif, siap membalas komentar, dm di waktu yang rasional.

Sekarang malam hari justru cukup ramai, pastikan admin anda enjoy untuk siap membalas komentar dan dm setaipa saat, tidak perlu 24 jam juga ya.

Jika anda bisa mengelola sendiri tentu lebih baik karena pasti sudah paham dengan product knowladge, bagaimanapun juga pasti interaksi juga akan bersangkutan dangn produk Anda.


8. Berapa Jumlah Pots di Feed?


Maksimal 3 posting per hari, untuk minimalnya tidak ada batasan, anda boleh 1 hari sekali, 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Intinya apa yang anda posting itu bisa menarik interaksi yang tinggi.

Jika terlalu sering bisa jadi malah membuat followres bosan, dan anda pun kehabisan tema apa yang dipsoting.

Namun untuk awal mula sebalum 100 post pertama usahakan lebih rutin antara 1-3 post per hari. Setelah itu jaga konsep posting dengan konten yang benilai tinggi.


9. Aktif di Insta Stories dan Gunakan Fiturnya


Anda bisa membuat Ig stories lebih sering antara 1-5 per hari dengan menambahkan fitur untuk berinteraksi seperti vote, polling, question, location, countdown dll

Jumlah view dan keterlibatan dengan fitur menandakan seberapa suka followers dengan Ig stories, ini adalah tantangan. Jadi fokuslah untuk membuat Ig stories yang berkualitas untuk menarik interaksi dan keterlibatan.


10. Konsep 5 Post Interaksi 1 Promosi


Buatlah konsep di postingan feed yang rapi, Instargam punya 3 baris feed, jadi coba buatlah 5 content berbagi informasi, mengajak interaksi, dan 1 postingan promosi yang mengajak untuk membeli, menawarkan produk.

Konsep giving receiving, jadi usahakan konten anda memberikan manfaat seperti berbagi tips dan informasi, 1 promosi akan diterima oleh followers anda.

Sangat bisa kok berbagi informasi dimana menyisipkan brand Awareness tentang produk atau jasa Anda disana.


11. Variasi Hastag


Berapa hastag yang bagus digunakan?
8-15 hastag tapi ingat yang paling penting buatlah variasi, apa maksudnya?

Ada hastag yang jumlahnya jutaan, ada yang ratusan ribu bahkan puluhan. Semakin tinggi maka hastag post anda semakin mudah tenggelam di explore pencarian hastag.

Gunakan juga yang puluhan atau ribuan, karena akan lebih mudah bertahan di explore karena niche yang lebih spesifik.


12. Selalu jawab Komentar dan message (dm)


Instagram menginginkan akun sosial media yang digunakan untuk berinteraksi bukan untuk pajangan semata. Namun jika kasusnya artis atau personal itu beda, karena mereka sangat banyak komentar yang muncul.

Ini soal bisnis anda, followers, dan Algoritma.

Bahkan anda harus berusaha bagaimana followers memberikan komentar dan dm ke akun bisnis anda. Ini tantangan yang tidak mudah, karena akun bisnis berbeda dengan akun personal.


13. Beriklan di IG Ads


Pilih IG Ads atau Endorese?
Saya sarankan dahulukan IG Ads, mungkin ada yang tidak setuju, namun menurut kami anda menggunakan Instgram dengan gratis, dengan menggunkan IG Ads anda juga juga memberi imbal balik ke pihak Instagram.

Buatlah berbagai macam variasi iklan yang hasilnya sesuai harapan, ga perlu mahal hanya dengan anggaran mulai 20.000 per hari sudah cukup bagus untuk anda dan algoritma Instagram.

Instagram mempunyai sistem dan data yang canggih yang bisa menjangkau orang-orang sesuai dengan minat yang tepat, ini jauh lebih pintar dan murah daripada endorse ke artis atau selebgram.

Jadilah akun yang disukai oleh algoritma Instagram, gunakan fitur berbayar mereka !


14. Endorse Followers Bertahap


Bagaimana maksudnya bertahap? anda mungkin sering tahu orang-orang suka endorse ke para artis yang mempunyai jutaan followers

Jika akun anda followersnya 1-1K, maka cari endorse dengan akun dengan jumlah followers 10K-100K saja
Jika followres anda 10K-100K, maka cari endorse akun dengan jumlah followres 500K-1Jt an
Begitu seterusnya


15. Analisa Insight

Setiap anda membuat postingan, Ig stories, beriklan di Ig Ads atau Endorese akan ada data yang anda dapatkan yang namanya Insight.

Pelajari datanya, bandingkan hasilkan, dan improvisasi melalui hasil Insight tersebut.

Misalnya konten seperti apa sih yang lebih banyak menghasilkan engagement, konten apa sih yang banyak di save dsb.

Oke itu saja ada tambahan berikut ini:

Masih berpikir ingin mencari jasa mengelola Instagram untuk bisnis?

Pikirkan sekali lagi, siapa orang yang paling paham dengan product knowladge, segmen market dan siap aktif dengan akun Instagram bisnis Anda.